Rabu, 22 November 2017

Bitcoin Tumbuh Pesat Di Indonesia


Indonesia, tertinggal di belakang Amerika Serikat sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat keempat di dunia, memiliki komunitas bitcoin yang besar dan berkembang. Populasi yang luas adalah 80 persen unbanked, dan Rupiah mereka adalah salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan untuk bitcoin di seluruh dunia. Bitcoin.com mewawancarai Suasti Atmastuti Astaman, Manajer Pengembangan Bisnis pertukaran bitcoin bahasa Indonesia Bitcoin.co.id.

Pangsa Pasar Mayoritas

Bitcoin.com (BC): Apa pangsa pasar pasar bitcoin Indonesia?
bitcoin-co-idBitcoin.co.id (BI): Kami memiliki lebih dari 229.500 anggota dengan pertumbuhan harian sekitar 100-150 anggota.
Volume transaksi harian kita bisa mencapai 1,5 juta USD per hari. Dan kami terdaftar sebagai salah satu bursa Bitcoin terbesar di Asia Tenggara.
Saya percaya kita mengendalikan lebih dari 70% transaksi Bitcoin di Indonesia, mengingat kita adalah pertukaran Bitcoin terbesar di Indonesia.

Pasar Bitcoin Indonesia

BC: Bisakah anda menggambarkan pasar bitcoin di indonesia?
pedagangBI:  Mayoritas anggota bursa Bitcoin kami berfungsi sebagai pedagang Bitcoin, bukan pengguna Bitcoin. Mereka membeli Bitcoin untuk mendapatkan keuntungan dan menggunakannya baik untuk investasi jangka pendek, jangka panjang atau mungkin keduanya. Mereka berdagang cukup sering, membeli Bitcoin saat harganya rendah, dan menjualnya lagi saat harga naik.
Ada banyak orang di Indonesia yang gemar mengambil keuntungan dari trading, bukan hanya kriptocurrency, tapi juga saham dan valuta asing. Ternyata, mereka sangat menyukai Bitcoin karena harganya cenderung berfluktuasi. Bagi orang-orang yang menyukai gagasan Bitcoin sebagai bentuk baru dari uang, mereka akan membenci mengetahui bahwa ada banyak orang yang mengambil keuntungan dari perdagangan Bitcoin tapi itulah faktanya dan ini menyumbang cukup banyak pada volume perdagangan kita.
Volume perdagangan harian kami biasanya mencapai 5 sampai 10 miliar rupiah saat harga Bitcoin stabil, namun yang kedua akan berubah menjadi volatile, kami dapat memproses sampai 20 atau bahkan 25 miliar rupiah per hari.
Tapi tentu saja, ada juga orang yang membeli Bitcoin untuk berbelanja (kebanyakan online) atau melakukan transaksi di berbagai situs MLM atau money game.

Penggunaan Utama Bitcoin

BC: Apa gunanya bitcoin yang anda lihat di indonesia?
rupiahBI: Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, nampaknya ada lebih banyak trader daripada pengguna Bitcoin sebenarnya. Tidak diperbolehkan orang Indonesia membayar sesuatu di dalam negeri menggunakan mata uang lain selain Rupiah-bukan Dolar Amerika Serikat, bukan Yen, dan jelas bukan Bitcoin. Namun begitu, pedagang Bitcoin terus tampil di Indonesia dan ada juga banyak anggota kami yang menggunakan Bitcoin untuk membayar tagihan Internet dan listrik, melengkapi saldo ponsel mereka, memesan tiket pesawat, dll.
Secara pribadi, saat kami melayani di negara yang setidaknya memiliki 80% orang yang tidak memiliki pos di pasar karena wilayah kami yang luas dan ada lebih dari 250 juta orang dalam hal populasi dengan batas pengiriman uang mencapai sekitar 7 miliar dolar AS tahun, tepat bila kita mencoba menggunakan Bitcoin untuk mendukung layanan pengiriman uang dan mempermudah, lebih cepat dan lebih murah bagi orang untuk mentransfer uang dari manapun ke seluruh dunia ke Indonesia atau sebaliknya.
Kami melayani di negara di mana setidaknya ada 80% orang yang tidak berpenduduk di pasar.
Uang digital seperti Bitcoin akan memungkinkan orang untuk menahan uang mereka sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga-ini pasti akan membuat mereka tertarik untuk memberikannya kesempatan. Saya percaya akan ada banyak orang di Asia Tenggara, di mana ada ribuan orang yang bekerja di luar negeri dan mentransfer uang ke rumah, yang akan menemukan Bitcoin menarik dan cara yang bagus untuk mentransfer uang.

Peraturan

BC: Apa yang dikatakan pemerintah Indonesia tentang bitcoin?
BI: Selain memberikan pernyataan resmi tentang bagaimana mereka melihat Bitcoin, yang dapat Anda lihat di sini , pemerintah Indonesia belum melakukan langkah penting untuk membatasi atau memfasilitasi transaksi bitcoin di Indonesia.
Kami diizinkan untuk menukar Bitcoin dan memperlakukannya seperti komoditas digital, namun mereka [pemerintah] mendorong kami untuk berhati-hati terhadapnya.
pemerintah IndonesiaKarena Bitcoin tidak diperlakukan sebagai mata uang, kami tidak dapat membayar sesuatu dengan Bitcoin di Indonesia (pemerintah hanya mengizinkan Rupiah sebagai instrumen pembayaran legal di negara ini). Inilah sebabnya mengapa hampir setiap pedagang di Indonesia yang menerima pembayaran di Bitcoin, secara otomatis mengubah Bitcoin yang mereka terima ke dalam Rupiah dan mengirimkan uangnya ke rekening bank mereka. Dengan cara ini, Bitcoin cukup banyak bekerja seperti kartu kredit dan dengan demikian, tidak melanggar peraturan dari pemerintah.
Tanpa peraturan yang jelas, kami beroperasi sebagai pasar yang mematuhi peraturan biasa mengenai transaksi keuangan di Indonesia yang mengumpulkan ID mereka, menanyakan sumber dana dan tujuan transaksinya. Kami melakukan ini untuk mematuhi KYC guna mencegah pencucian uang terjadi di dalam negeri menggunakan Bitcoin.

Prospek Adopsi Masa Depan

BC: Seberapa cepat Anda mengharapkan adopsi bitcoin tumbuh terus?
BI: Dengan peraturan yang jelas, jumlah pers buruk yang minim, dan usaha pemasaran yang besar? Segera, kurasa. Bahkan tanpa ketiganya, orang mulai lebih mencintai bitcoin dan memperlakukannya sebagai cara terbaik untuk berinvestasi. Mereka mulai membaca berita tentang apa yang terjadi di seputar dunia kriptocurrency di negara lain, dan ada banyak berita positif saat ini untuk membuat Bitcoin menarik dan orang-orang terlibat.
Pada akhir tahun ini, saya memperkirakan akan ada setidaknya satu juta pengguna di Indonesia dengan volume transaksi harian mencapai 3 juta USD per hari.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follower Social Media

Translate

Pengikut