Selasa, 08 November 2016

Konfigurasi IDE

Cara Memperbarui IDE dan Alat SDK


Setelah Anda memasang Android Studio, memperbarui Android Studio IDE dan Android SDK Tools mudah dilakukan dengan pembaruan otomatis dan Android SDK Manager.

Konfigurasi IDE


Memperbarui IDE Anda dan Mengganti Saluran

Android Studio memberi tahu Anda melalui dialog balon kecil saat pembaruan IDE tersedia, namun Anda dapat memeriksa pembaruan secara manual dengan mengeklik Help > Check for Update (pada Mac, Android Studio > Check for Updates).

Pembaruan untuk Android Studio tersedia dari saluran rilis berikut:


  • Saluran Canary: Saluran ini berisi rilis yang belum siap digunakan oleh publik, diperbarui setiap minggu. Meski versi ini masih banyak mengandung bug, namun telah melalui pengujian dan kami ingin menawarkan akses awal sehingga Anda bisa mencoba fitur-fitur baru dan memberikan umpan balik. Saluran ini tidak disarankan untuk pengembangan produksi.
  • Saluran Dev: Saluran ini adalah versi pengujian canary pilihan yang telah melalui pengujian internal secara menyeluruh.
  • Saluran Versi Beta: Saluran ini berisi versi yang direncanakan untuk dirilis berdasarkan versi canary yang stabil, dirilis untuk memperoleh umpan balik sebelum masuk ke saluran stabil.
  • Saluran Stabil: Rilis stabil resmi yang siap diunduh di developer.android.com/studio.
Secara default, Android Studio menawarkan pembaruan dari Saluran Stabil. Jika Anda ingin mencoba salah satu dari versi lainnya dari Android Studio—yang secara kolektif dikenal sebagai Saluran Pratinjau—sebagai gantinya Anda bisa menerima pembaruan tersebut dari salah satu saluran ini.

Untuk mengubah saluran pembaruan Anda, lanjutkan sebagai berikut:


  1. Buka jendela Preferences dengan mengeklik File > Settings (pada Mac, Android Studio > Preferences).
  2. Di panel kiri, klik Appearance & Behavior > System Settings > Updates.
  3. Pastikan Automatically check for updates sudah dicentang, lalu pilih satu saluran dari daftar tarik-turun (lihat gambar 1).
  4. Klik Apply atau OK.
Preferensi Pembaruan Android Studio
Gambar 1. Preferensi Pembaruan Android Studio.

Jika Anda ingin mencoba salah satu saluran pratinjau (Canary, Dev, atau Beta) sembari tetap menggunakan versi Stabil untuk proyek produksi Android Anda, versi kedua Android Studio bisa dipasang dengan aman dengan mengunduh versi pratinjau dari tools.android.com.

Memperbarui Alat dengan SDK Manager

Android SDK Manager menyediakan alat SDK, platform, dan komponen lain yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi Anda.

Untuk membuka SDK Manager, klik Tools > Android > SDK Manager atau klik SDK Manager  pada bilah alat.

Saat pembaruan tersedia untuk paket yang sudah Anda miliki, tanda hubung  muncul dalam kotak centang di samping paket.


  • Untuk memperbarui item atau memasang yang baru, klik kotak centang agar tanda centang ditampilkan.
  • Untuk mencopot paket yang dipasang, klik untuk mengosongkan kotak centang.
Pembaruan yang tertunda ditunjukkan di kolom kiri dengan ikon unduhan Penghapusan yang tertunda ditunjukkan dengan tanda silang merah .

Untuk memperbarui paket yang dipilih, klik Apply atau OK, lalu setujui tiap perjanjian lisensi.

Android SDK Manager
Gambar 2. Android SDK Manager.

Paket yang disarankan

Anda harus memberikan pertimbangan khusus pada alat berikut pada tab SDK Tools:

Android SDK Build Tools
Diperlukan. Mencakup alat untuk membuat aplikasi Android. Lihat Catatan Rilis SDK BuildTools.
Android SDK Platform-tools
Diperlukan. Mencakup berbagai alat yang diperlukan oleh platform Android, termasuk alatadb.
Android SDK Tools
Diperlukan. Mencakup alat esensial seperti Android Emulator dan ProGuard. Lihat CatatanRilis SDK Tools.
Android Support Repository
Disarankan. Mencakup penyimpanan Maven lokal untuk perpustakaan Dukungan, yang menyediakan seperangkat perluasan dari API yang kompatibel dengan sebagian besar versi Android. Ini diperlukan untuk produk-produk seperti Android Wear, Android TV, dan Google Cast. Untuk informasi selengkapnya, baca Support Library.
Google Repository
Disarankan. Mencakup penyimpanan Maven setempat untuk perpustakaan Google, yang menyediakan beragam fitur dan layanan bagi aplikasi Anda, termasuk Firebase, Google Maps, pencapaian Permainan, dan papan peringkat, serta banyak lagi yang lainnya.
Dalam tab SDK Platforms, Anda juga harus memasang sekurangnya satu versi dari platform Android. Setiap versi menyediakan beberapa paket berbeda. Untuk mengunduh hanya yang diperlukan, klik kotak centang di sebelah nama versi.

Untuk melihat semua paket yang tersedia untuk setiap platform Android, klik Show Package Details di bagian bawah jendela. Di dalam setiap versi platform, Anda akan menemukan paket berikut: 

Platform Android SDK

Diperlukan. Setidaknya satu platform perlu ada dalam lingkungan Anda agar bisa mengompilasi aplikasi. Untuk menyediakan pengalaman pengguna terbaik pada perangkat terbaru, gunakan versi platform terbaru sebagai target versi Anda. Anda tetap bisa menjalankan aplikasi di platform versi lama, namun Anda harus membuat dengan versi terbaru agar bisa menggunakan fitur baru bila menjalankan pada perangkat yang menggunakan versi Android terbaru.
Citra Sistem Intel atau ARM

Disarankan. Citra sistem diperlukan untuk menjalankan Android Emulator. Masing-masing versi platform berisi citra sistem yang didukung. Anda bisa mengunduh citra sistem saat membuat Android Virtual Device (AVD) di AVD Manager. Pilih Intel atau ARM berdasarkan prosesor komputer pengembangan Anda.
Catatan: Jika Anda berencana memakai API dari Layanan Google Play, Anda harus menggunakan Citra Sistem Google API.

Daftar di atas tidak lengkap dan Anda bisa menambahkan situs lain untuk mengunduh paket tambahan dari pihak ketiga.

Pada beberapa situasi, paket SDK mungkin membutuhkan revisi minimal spesifik dari alat lainnya. Jika memang demikian, SDK Manager akan memberi tahu Anda melalui peringatan dan menambahkan dependensi ke daftar unduhan.

Tips: Anda juga bisa menyesuaikan file build.gradle sehingga setiap proyek menggunakan rantai versi dan opsi kompilasi tambahan Untuk informasi selengkapnya lihat, Mengonfigurasi Versi Gradle.

Mengedit atau menambahkan situs alat SDK

Untuk mengelola situs SDK mana saja yang diperiksa oleh Android Studio untuk pembaruan alat Android dan alat pihak ketiga, klik tab SDK Update Sites. Anda dapat menambahkan situs lain yang menjadi host alat mereka sendiri, lalu mengunduh paketnya dari situs tersebut.

Misalnya, operator seluler atau produsen perangkat mungkin menawarkan perpustakaan API tambahan yang didukung oleh perangkat berbasis Android mereka sendiri. Untuk mengembangkan memakai perpustakaan mereka, Anda bisa memasang paket Android SDK dengan menambahkan URL alat SDK mereka ke SDK Manager di SDK Update Sites.

Jika operator atau produsen perangkat telah menjadi host untuk file penyimpanan pengaya SDK di situs web mereka, ikuti langkah berikut untuk menambahkan situs mereka ke Android SDK Manager:

  1. Klik tab SDK Update Sites.
  2. Klik Add  di bagian bawah jendela.
  3. Masukkan nama dan URL situs pihak ketiga, lalu klik OK.
  4. Pastikan kotak centang dipilih dalam kolom Enable.
  5. Klik Apply atau OK.

Setiap Paket SDK yang tersedia dari situs ini sekarang ditampilkan dalam tab SDK Platforms atau SDK Tools jika disediakan.

Pastikan untuk tetap terhubung pada Panduan Belajar Admob Dengan Mengikuti FacebookTwitterGoogle+Rss dan Youtube. untuk mempelajari lebih lanjut kiat mengoptimalkan akun Anda dan menantikan untuk pos lainnya dari seri Spotlight global kami di masa depan!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follower Social Media

Translate

Pengikut