Minggu, 16 Oktober 2016

Cara Memudahkan Navigasi

Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi

Stuktur Navigasi

Selamat datang Panduan Belajar Admob! Artikel Membahas Tentang SEO, dan Pengoptimalan Website atau Blog Anda. Langsung saja.

Navigasi sangatlah penting bagi mesin telusur.

Cara Memudahkan NavigasiNavigasi situs web penting dalam membantu pengunjung menemukan konten yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini juga dapat membantu mesin telusur memahami isi konten yang dianggap penting oleh webmaster. Meski hasil penelusuran Google disediakan dalam tingkat laman, Google juga ingin menangkap peran sebuah laman bagi keseluruhan situs.

Rencanakan navigasi Anda berdasarkan beranda Anda.

Semua situs memiliki beranda atau laman "akar", yang biasanya merupakan laman situs yang paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk banyak pengunjung. Apabila Ingin tau arti Navigasi Klik disini navigasi. Jika situs Anda hanya memiliki sedikit laman, Anda sebaiknya berpikir mengenai cara pengunjung berpindah dari laman umum (laman akar/halaman utama) Anda ke laman yang berisi konten yang lebih spesifik. Apakah Anda memiliki laman yang cukup di sekitar area topik spesifik sehingga akan masuk akal untuk membuat sebuah laman yang mendeskripsikan laman terkait ini (misal: laman akar -> cantuman topik terkait -> topik spesifik)? Apakah Anda memiliki ratusan produk.
Perencanaan Stuktur Navigasi
Perencanaan Stuktur Navigasi
Baca Juga Artikel :

Pastikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna menggunakan ‘daftar breadcrumb’.

berbeda yang perlu diklasifikasikan dalam beberapa kategori dan laman sub-kategori?

Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung menavigasi kembali ke bagian sebelumnya atau ke laman akar dengan cepat (1). Banyak breadcrumb memiliki laman yang paling umum (biasanya laman akar) sebagai tautan pertama dan paling kanan dan memuat bagian yang lebih spesifik keluar di sisi kanan.

Stuktur Breadcrumb
(1) Tautan breadcrumb muncul pada laman artikel yang lebih dalam pada situs Anda.

Izinkan kemungkinan sebagian URL dihapus

Pertimbangkan apa yang akan terjadi jika seorang pengguna menghilangkan sebagian dari URL Anda - Beberapa pengguna mungkin menavigasi situs Anda dengan cara yang aneh, dan Anda harus mengantisipasinya. Misalnya, selain menggunakan tautan breadcrumb pada laman, pengguna mungkin memasukkan sebagian URL dengan harapan menemukan konten yang lebih umum. Dia mungkin mengunjungi. 

http://www.example.com/berita/2012/pameran-uang-kuno-berikutnya.htm, 

namun kemudian memasukkan http://www.example.com/berita/2012/ ke dalam bilah alamat browser, dan yakin bahwa ini akan menampilkan semua berita dari tahun 2012 (2). Apakah situs Anda disiapkan untuk menunjukkan konten dalam situasi ini atau akan akan memberikan pengguna sebuah 404 (kesalahan "laman tidak ditemukan")? Bagaimana jika memindahkan tingkat direktori ke http://www.example.com/berita/?

(2) Pengguna dapat membuka direktori yang lebih di atas dengan menghapus bagian akhir URL.

Persiapkan dua petasitus: satu untuk pengguna, satu untuk mesin telusur.

Sebuah petasitus (huruf kecil) adalah laman sederhana pada situs Anda yang menampilkan struktur situs web, dan biasanya berisi cantuman hierarki laman situs. Pengunjung bisa mengunjungi laman ini jika mereka memiliki masalah dalam menemukan laman pada situs Anda. Meskipun mesin telusur juga akan mengunjungi laman ini, dan mendapatkan cakupan perayapan yang baik dari laman situs Anda, sebenarnya laman ini ditujukan untuk pengunjung manusia.
File Petasitus XML (huruf besar), yang dapat Anda kirimkan melalui Alat Webmaster Google, mempermudah Google menjelajahi laman situs Anda. Menggunakan file Petasitus juga merupakan cara baru (meski tidak menjamin) untuk memberi tahu versi URL yang ingin Anda jadikan kanonis kepada Google (mis. http://example.com/ atau http://www.example.com/; lebih lanjut tentang domain mana yang lebih disukai). Google membantu membuat Skrip Sitemap Generator sumber terbuka untuk membantu Anda membuat file Petasitus untuk situs Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Petasitus, Pusat Bantuan Webmaster menyediakan panduan penting untuk file Petasitus.
Contoh Site Map
Contoh petasitus HTML dan Petasitus XML. Petasitus HTML dapat membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan mudah, dan Petasitus XML dapat membantu mesin telusur menemukan laman di situs Anda.

Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi

Stuktur-Navigasi

Baca Juga Artikel :

Buat hierarki mengalir yang natural

Buatlah sesederhana mungkin bagi pengguna untuk membuka konten umum dan konten spesifik yang mereka inginkan dalam situs Anda. Tambahkan laman navigasi jika perlu dan padukan penambahan ini secara efektif ke dalam struktur tautan internal Anda.
Hindari :
membuat web tautan navigasi yang rumit, mis. menautkan setiap laman pada situs Anda ke setiap laman lain terlalu bersemangat dalam membedah konten Anda (sehingga memerlukan dua puluh klik)

Banyak menggunakan teks untuk navigasi

Dengan mengontrol sebagian besar navigasi dari laman ke laman pada situs Anda melalui tautan teks akan memudahkan mesin telusur untuk menelusuri dan memahami situs Anda. Banyak pengguna juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk perangkat yang mungkin tidak menangani Flash atau JavaScript.

Hindari :
memiliki navigasi yang didasarkan sepenuhnya pada menu tarik turun, gambar, atau animasi   -  kebanyakan, tapi tidak semua, mesin telusur dapat menemukan tautan-tautan seperti itu pada sebuah situs, tapi jika seorang pengguna dapat membuka semua laman dalam situs lewat tautan teks normal, maka hal ini akan meningkatkan aksesibilitas situs Anda; selengkapnya dalam cara Google menangani file non-teks

Letakkan laman peta situs HTML di situs Anda, dan gunakan file Petasitus XML

Laman peta situs sederhana dengan tautan ke semua laman atau laman yang paling penting (jika Anda memiliki ratusan atau ribuan laman) di situs Anda dapat berguna. Dengan membuat file Petasitus XML untuk situs Anda membantu menjamin mesin telusur menemukan laman-laman pada situs Anda.

Hindari:
membiarkan laman peta situs HTML Anda menjadi usang dengan tautan yang rusak membuat peta situs HTML yang mencantumkan laman-laman begitu saja tanpa mengaturnya, misalnya berdasarkan subjek

Miliki laman 404 yang berguna

Pengguna kadang-kadang membuka laman yang tidak ada dalam situs Anda, baik dengan mengikuti tautan rusak atau mengetik URL yang salah. Dengan memiliki laman 404 khusus yang dapat memandu pengguna untuk kembali ke laman yang benar-benar ada di situs Anda, pengguna akan memperoleh pengalaman pengguna yang jauh lebih baik. Laman 404 Anda mungkin seharusnya memiliki tautan untuk balik ke laman dasar dan juga dapat menyediakan tautan ke konten populer atau konten terkait pada situs Anda. Google menyediakan widget 404 yang dapat Anda lekatkan dalam laman 404 untuk digabungkan secara otomatis dengan banyak fitur berguna. Anda dapat juga menggunakan Perangkat Google Webmaster  untuk menemukan sumber URL yang memunculkan pesan kesalahan "tidak ditemukan".

Hindari :
mengizinkan laman 404 Anda diindeks dalam mesin telusur (pastikan webmaster Anda dikonfigurasikan untuk memberi kode status HTTP 404 jika laman yang tidak ada diminta) hanya menyediakan pesan kabur seperti "Tidak ditemukan", "404", atau sama sekali tidak ada laman 404 menggunakan rancangan untuk laman 404 Anda yang tidak konsisten dengan bagian situs Anda yang lain

Baca Juga Artikel :



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follower Social Media

Translate

Pengikut

Arsip Blog