Hati-hati saat mengunakan tautan rel="nofollow"
Lawan spam komentar dengan "nofollow"
Menyetel nilai atribut "rel" dari tautan menjadi
"nofollow" akan memberi tahu Google bahwa tautan tertentu pada situs
Anda sebaiknya tidak diikuti atau membagikan reputasi laman Anda ke laman yang
ditautkan. Menjadikan
tautan nofollow adalah menambahkan rel="nofollow" di dalam tag
jangkar tautan (1).
(1)
Jika Anda dan pengguna situs Anda menautkan ke situs yang tidak Anda percaya
dan/atau tidak ingin membagi reputasi situs, gunakan nofollow.
|
Kapan hal ini berguna? Jika situs
Anda memiliki blog dengan akses komentar publik aktif, tautan pada komentar itu
dapat membagi reputasi Anda kepada laman yang mungkin tidak akan nyaman bagi
Anda untuk memberi jaminan. Area komentar blog pada laman sangat mudah terkena spam komentar (2). Menjadikan tautan
nofollow yang ditambahkan pengguna memastikan Anda tidak memberikan reputasi
laman yang didapat dengan susah payah kepada situs spam.
(2)
Pelaku spam komentar meninggalkan sebuah pesan pada salah satu pos blog kita,
berharap mendapatkan beberapa reputasi situs kita.
|
Menambahkan "nofollow" secara otomatis ke kolom komentar dan papan pesan
Banyak paket perangkat lunak blog
secara otomatis menandai nofollow pada komentar pengguna, tapi bagi yang tidak,
masih dapat melakukan edit manual untuk nofollow. Saran ini juga berlaku untuk
area lain pada situs Anda yang mungkin melibatkan konten yang dihasilkan
pengguna, seperti buku tamu, forum, papan-komentar, daftar perujuk, dll. Jika
Anda bersedia menjamin untuk tautan yang ditambahkan oleh pihak ketiga (misal:
jika pemberi komentar dipercaya di situs Anda), maka tidak perlu menggunakan
nofollow pada tautan, namun, menautkan pada situs yang dianggap Google sebagai spam dapat
memengaruhi reputasi situs Anda sendiri. Pusat Bantuan Webmaster
memiliki lebih banyak kiat tentang menghindarispam komentar, seperti menggunakan CAPTCHA
dan mengaktifkan moderasi komentar (3).
(3)
Sebuah contoh CAPTCHA yang digunakan di layanan blog Google, Blogger. Tidak
mudah untuk memastikan apakah komentar yang diberikan betul-betul dibuat oleh
manusia.
|
Tentang menggunakan "nofollow" untuk setiap konten, keseluruhan laman, dsb.
Kegunaan lain dari nofollow adalah saat Anda menulis
konten dan ingin mereferensikan situs web, tapi tidak ingin memberikan reputasi
kepadanya. Sebagai contoh, bayangkan Anda tengah menulis blog dengan
topik spam komentar dan Anda ingin
menyebutkan sebuah situs yang baru-baru ini memberi spam komentar di
blog Anda. Anda ingin memperingatkan yang lain tentang situs itu, jadi Anda
menambah tautan situs itu pada konten; namun, Anda tidak ingin membagi reputasi
dari tautan itu kepada situs. Ini merupakan saat yang tepat untuk menggunakan
nofollow.
Baca Juga Artikel :
Terakhir, jika Anda tertarik untuk
mengaktifkan nofollow pada seluruh tautan pada sebuah laman, Anda dapat gunakan
"nofollow" pada meta tag robot, yang diletakkan di dalam tag
<head> dari HTML laman itu (4). Webmaster Central Blog menyediakan pos
yang bermanfaat mengenai penggunaan metatag robot. Metode ini ditulis sebagai <meta name="robots"
content="nofollow">.
waaahhhh
BalasHapus